Pagaralam merupakan destinasi yang sudah lama saya ingin kunjungi, walaupun masih di Pulau Sumatera. Akses kesana butuh waktu yang tidak sebentar, dan alas an inilah destinasi ini baru saya kunjungi. Pagaralam terletak di Sumatera Selatan, bisa dibilang Pagaralam adalah destinasi terindah di Sumatera Selatan, dan ternyata benar adanya.

7

Berwisata ke suatu tempat dan mengetahui asal usul destinasi tempat yang akan kita kunjungi tentunya sangat bermanfaat untuk menambah informasi terutama bagi Btimers yang ingin berkunjung ke Sumatera Selatan. Provinsi Sumatera Selatan memang kaya akan destinasi wisata, tetapi belum banyak yang mempromosikannya. Terutama Destinasi Pagaralam ini.

 

 

 

2

Pagaralam banyak Destinasi Wisata alam seperti hiking ke Gunung Dempo, dan dimana mana kita bisa menemui kebun the yang menawan. disini kita bisa banyak menemukan berbagai destinasi wisata di Kota Pagaralam Sumatera Selatan mulai dari air terjun, danau, gunung dan lain sebagainya.

 

 

 

 

5

Selama ini Kota Pagaralam memang dijuluki Kota seribu Air Terjun. Hal ini karena terdapat banyak sekali obyek wisata air terjun di Pagaralam, Beberapa air terjun yang populer di kota ini  yaitu Air Terjun Lematang Indah, Curup Tujuh Kenangan, Curup Mangkok, Curup Embun, Curup jahe, bahkan banyak Air Terjun yang belum diexplore oleh masyarakat local maupun wisatawan.

 

 

 

6

Cuaca di Pagaralam sebenarnya sangat bersahabat karena dinginnya tidak seperti Bromo dan mirip dengan cuaca di Puncak Jawa Barat, Destinasi yang sangat terkenal adalah Gunung Dempo. Destinasi wisata andalan Pagaralam adalah Gunung Dempo, Berbeda dengan air terjun yang banyak disini dan belum dikenal oleh banyak wisatawan. sebaliknya Gunung Dempo sudah sangat terkenal hingga luar Sumatera sebagai obyek wisata alam favorit. Gunung Dempo sendiri sudah sangat terkenal.

 

 

Keindahan alam Gunung Dempo dapat kita nikmati dengan perjalanan 30 menit dari pusat Kota Pagaralam naik kendaraan umum, atau hanya 15 menit dengan kendaraan pribadi. Sepanjang perjalanan, kita dapat membeli aneka buah segar seperti alpukat dan salak yang dijual langsung oleh petani disepanjang jalan Gunung Dare (nama jalan menuju Gunung Dempo).

Setelah melewati Gunung Dare kita akan sampai pada satu tempat di Gunung Dempo yang terkenal dengan pemandangan indahnya yaitu Tangga Seribu. Ditempat ini kita bisa singgah sejenak untuk membeli akesoris atau kerajinan tangan khas Pagaralam. Jika belum puas, perjalanan masih bisa dilanjutkan ke beberapa tempat wisata di Gunung Dempo lainnya seperti sungai-sungai dengan airan air jernihnya atau Rimau yaitu tempat wisata dimana terdapat patung harimau.

Smart Tips :

  1. Mengunjungi Pagaralam bisa diakses dari beberapa tempat, yang pertama bisa melalui Palembang. Tetapi perjalanan darat dari Palembang ke Pagaralam bisa ditempuh 8 jam melalui mobil, pesawat dari Palembang ke Pagaralam 3x seminggu.
  2. Alternatif lainnya adalah melalui Bengkulu, perjalanan darat dari Bengkulu hanya 3 jam saja.
  3. Saat yang pas datang kesini adalah bulan juni sampai dengan November, karena cuaca sangat cepat berubah sehingga jika tidak beruntung akan selalu mendung cuacanya.
  4. Yang ideal kesini paling cepat 2 hari, saya kesini 3 hari. Selama 3 hari yang bagus cuacanya cuma 1 hari saja, jika tujuan utama anda hanya berwisata 2 hari cukup, tetapi kalau memotret minimal 3 hari disini.
  5. Jika Btimers ingin mendaki Gunung Dempo, sebaiknya persiapan harus matang dan terencana. Karena bisa tiba tiba hujan disini, dan ada baiknya membawa porter dan penduduk setempat yang sudah cukup mengerti medan pendakian.