Luasnya daratan China membuat banyak sekali destinasi eksotis dengan budaya yang sangat kaya membuat China menjadi negara tujuan wisata  yang wajib dikunjungi.

Sejujurnya saya adalah penggemar film Silat Mandarin, genre yang saya suka adalah film film kolosal perang China dimasa “Three Kingdom” ketika saya melihat film tersebut, saya begitu mengagumi keindahan alam yang dimiliki China yang ada di film tersebut. Perbukitan, sungai kuning dan sejarah budaya yang begitu panjang membuat saya semakin mengagumi China.

Saya berkesempatan untuk mengunjungi Henan, provinsi ini terletak sangat strategis ditengah daratan China. Sehingga membuat Henan memegan peranan yang sangat penting dalam pembentukan budaya China, menurut catatan sejarah dan arkeologi leluhur orang China di Henan ini menciptakan peradaban di China. Karena Henan terletak di dataran tengah dan dikelilingi oleh Sungai Kuning menjadikan Henan “tempat lahirnya peradaban China”

Lebih dari 200 kaisar memerintah China dan sudah 20 dinasti kekaisaran China memerintah di wilayah ini, kita bisa melihat sejarah Kota Louyang, Anyang, Kaifeng dan Zhengzhou sebagai bukti peradaban China dimasa lampau. Selain arsitektur Henan juga punya Gunung Songshan salah satu “Lima Pegunungan Suci Cina,” adalah tempat kelahiran Zen Buddhisme di Cina dan rumah bagi banyak kuil megah dan kuil Shaolin yang sangat tersohor diseluruh dunia ada disini yang juga merupakan asal dari semua seni bela diri yang ada di China.

 

Saking banyaknya destinasi alam dan budaya di Provinsi Henan ini minimal 7 hari kalau mau puas, atau 10 hari biar tidak terburu buru. Ada banyak destinasi selama 7 hari saya di Henan, dan ini adalah tempat dimana kamu bisa kunjungi dan semoga bisa menjadi referensi berwisata dan juga tempat paling rekomendasi buat hunting foto di Provinsi Henan China.

  1. Millenium City Park.

Millennium City Park terletak di kota tua Kaifeng sebelum berganti nama menjadi Bianjing, Provinsi Henan. Lebih tepatnya Millennium City Park terletak di bagian barat Danau Dragon Pavilion yang berarti bangunan besar naga. Millennium City Park adalah sebuah taman budaya. Disini kita dapat melihat berbagai macam kompleks arsitektur yang dibuat ulang berdasarkan lukisan abad ke-12 yang terkenal bernama “The Qingming by the Riverside” oleh Zhang Zeduan.

milleniumpark1

Buat kamu yang tertarik dengan sejarah Cina pastinya akan menyukai tempat ini dan kalaupun kalian tidak suka sejarah, kalian juga bisa menikmati keindahan Millennium City Park. Lukisan “The Qingming by the Riverside” adalah sebuah gulungan cat dengan panjang sekitar 525 cm (sekitar 17 kaki) dan selebar 25,5 cm yang menggambarkan kehidupan di sekitar sungai Bian selama Festival Qingming. Salah satu alasan yang menyebabkan lukisan ini menjadi inspirasi bagi banyak orang adalah lukisan yang dibuat dengan sangat detil dan mengagumkan. Di dalam lukisan tersebut, terdapat sejumlah orang dengan pakaian kontemporer yang menunjukkan status sosial mereka dan bangunan, juga hewan. Anda pastinya bisa membayangkan sebuah jalanan yang bising dan ramai. Seperti itulah impresi yang diberikan oleh lukisan ini. Secara singkat, lukisan ini memnggambarkan zaman-zaman kerajaan Dinasti Song (960-1279). Dan kamu bisa menikmati semua ini di Millenium City Park.

milleniumpark2

  1. Longman Grottoes.

Longman Grottoes adalah salah satu peninggalan sejarah dunia yang dilindungi oleh UNESCO dan mendapat gelar World Heritage.  Longmen Grottoes ini punya sebanyak 100 ribu patung batu. Banyaknya prasasti di sini pun membuat tempat ini  disebut dengan Forest of Ancient Stelae atau hutan prasasti kuno.

longmangrottoes

Gua Longmen terletak di bagian selatan kota Luoyang. Tempat ini berada antara Gunung Xiang dan Gunung Longmen dan menghadap Sungai Yi. Gua Longmen, Gua Yungang dan Gua Mogao diakui sebagai tiga bangunan berharga yang menyimpan prasasti paling terkenal di Cina.

Gua ini mulai dibangun sekitar tahun 493 pada masa Kaisar Xiaowen dari Dinasti Wei Utara (386-534) memindahkan ibukota pemerintahan ke Luoyang dan melanjutkan pembangunan selama 400 tahun sampai dengan pemerintahan Dinasti Song Utara (960-1127). Lokasinya memiliki panjang 1.000 meter (sekitar 1.094 yard) dari utara hingga selatan dimana terdapat lebih dari 2.300 lubang dan celah, 2.800 stele, 40 dagoba, 1.300 gua dan 100.000 patung.  Sebagian besar merupakan hasil pekerjaan Dinasti Wei Utara dan zaman keemasan Dinasti Tang (618-907). Banyak terdapat benda-benda bersejarah meliputi kesenian, musik, agama, kaligrafi, pengobatan, pakaian dan arsitektur tersimpan di sini.

  1. Shaolin Temple.

Jika tradisi anak anak di Indonesia ketika liburan adalah mengirimkan ke pondok pesantren, tetapi jika di China banyak orang tua mengirimkan anak anaknya saat liburan sekolah ke Kuil Shaolin. Tujuannya agar belajar bela diri dan belajar tentang kehidupan, Kuil Shaolin yang sangat terkenal ada di Provinsi Henan di Gunung Songshan.

shaolintemple1

Kuil Shaolin yang terletak di wilayah pegunungan Song, Kota Dengfeng, Provinsi Henan termasuk dalam Daftar Warisan Budaya Dan Alam Di Dunia 2010 oleh UNESCO kuil ini merupakan tempat lahirnya Ajaran Buddha Zen Cina dan seni bela diri Shaolin. Pengunjung dapat melihat bunga-bunga liar dan pinus di gunung ini. Burung-burung bernyanyi dan air sungai bergemiricik, sebuah pemandangan indah penuh dengan keindahan budaya yang beragam.

shaolintemple2

Kuil Shaolin menawarkan berbagai hiburan yang menyenangkanseperti Aula Raja Langit (Tianwangdian), Aula Mahavira (Daxiongbaodian), Hutan Pagoda, Gua Dharma dan Pusat Pelatihan Seni Bela Diri.

  1. Yuntai Mountain.

yountaimountain

Gunung Yuntai adalah salah satu Geopark kelas dunia, pegunungan ini terletak di Xiuwu, sekitar 30 kilometer dari kota Jiaozuo, Provinsi Henan. Gunung ini adalah salah satu yang pertama dari beberapa gunung di seluruh dunia yang menerima gelar Taman Geologi Dunia dari UNESCO pada tahun 2004. Dataran pegunungan Yuntai ini juga merupakan satu-satunya wilayah dengan pemandang terindah di provinsi Henan yang mendapat nilai 5A untuk gelar Tempat Wisata National, Taman Hutan Nasional, Taman Nasional Geologi, Wilayah Konservasi Air Nasional dan Pelestarian Alam Macaque Nasional.
Dataran Pegunungan Yuntai ini sangatlah luas, karena ketika saya menerbangkan drone saja sudah ratusan meter jarak hanya sebagian kecil saja yang tercover foto dari udara, tertutup oleh lebatnya hutan yang belum terjamah manusia. gunung Yuntain terkenal karena pemandangan dan banyaknya air terjun yang menakjubkan. Puncak-puncak gunung dan pegunungan yang tinggi sejauh mata memandang. Puncak tertinggi Cornel memiliki ketinggian 1.304 meter. Terhampar banyak sekali sumber mata air, air terjun dan kolam air. Air terjun Yuntai dengan ketinggian 314 meter adalah yang tertinggi di Cina. Lembah yang dalam dan ngarai yang sunyi, bebatuan unik dan bunga-bunga liar membentuk pemandangan indah.

yuntainpark1

  1. Patung Kaisar Yellow di Sungai Kuning.

Patung setinggi 380 meter dengan dua wajah kaisar awal China yaitu Yan Di dan Huang Di menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga China. pembangunan patung ini dibuat selama 20 tahun dan baru selesai di tahun 2007, terletak di area sungai kuning dekat kota Zhengzhou.

Emperor Yellow Statue2

Meyusuri Sungai Kuning, wisatawan tidak hanya dapat benar-benar menikmati pemandangan alami Sungai Kuning, tapi juga dapat menjelajahi Sejarah dan budaya bangsa Cina. Semakin banyaknya dan bertambahnya lokasi kuno bangsa Cina dapat ditemukan sepanjang Sungai Kuning, seperti lokasi budaya Yangshao yang terkenal, tempat kelahiran nenek moyang pertama Kaisar Kuning, Makam Fuxi dan berbagai tempat lahir nama kerluarga yang saling berdekatan. Kota kuno penting Ngarai Sanmen meliputi ibukota kuno Luoyang berusia ribuan tahun, kota perdagangan Zhengzhou dan ibukota Kaifeng dari Dinasti Song (960-1279), dan sebagainya. Semuanya merupakan bukti nyata budaya Sungai Kuning, yang menunjukkan kebangkitan dan runtuhnya sejarah Cina.

  1. Eksotik Kuliner.

China dikenal sebagai tempatnya berburu kuliner yang eksotik, ada berbagai macam kuliner yang bisa kita coba disini. Dalam 7 hari traveling di Provinsi Henan ini saya banyak mencoba kuliner yang banyak dimakan oleh orang lokal disini. Salah satunya adalah Sop Keledai, orang Henan sangat menyukai Sop dan ada 10 macam sop disini. Karena jika musim dingin tiba, cuaca disini bisa mencapai minus 10 derajat dan untuk menghangatkan badan yang terbaik adalah mengkonsumsi soup yang hangat dan menyegarkan.

ikancapsungaikuning

Kuliner lainnya adalah ikan sungai, disini kita bisa mencoba ikan Carp yang berasal dari Sungai Kuning, ikan ini sangat mahal harganya dan kalau anda jeli bisa melihat cap di insang ikan ini tanda kalau ikan ini asli dari Sungai Kuning. Selain itu ikan Koi juga menjadi santapan favorite masyarakat Henan, ketika saya mencobanya cukup empuk. Dan kalau di Indonesia ini dipelihara dan harganya mahal sekali hehe.

penjualespotong

Note : bagi muslim agak susah mencari makanan halal, karena sebagian besar daging yang ada di China adalah Pork. Seperti saya bisa memilih makanan seperti ikan, jamur atau ayam.

How To Get There :

Provinsi Henan ini terletak di tengah daratan China, kalau dahulu untuk menuju kesini harus transit di Bandara seperti GuangZhou dll. tetapi sekarang ada penerbangan direct langsung dari Singapore menuju Zhengzhou dengan Tiger Air.  Saya mengambil tiket pesawat Tiger Air dari Jakarta ke Singapore malam, dan hanya beberapa jam transit melanjutkan perjalanan dari Singapore ke Zhengzhou.