Bagaimana teknik memotret lampu dan fireworks pada saat malam hari? Lensa apa yang digunakan? perlengkapan memotret apa saja yang wajib dibawa? Pada artikel ini, akan kami berikan beberapa ulasan terkait pertanyaan di atas serta ada tips dan trik memotret lainnya yang bisa anda dapatkan.

Perlengkapan Memotret Yang Wajib di bawa

Beberapa perlengkapan ini wajib anda bawa ketika ingin mengambil objek lampu atau fireworks (kembang api) di malam hari.

Kamera

Lensa

Tripod

Shutter Realase

Tips dan Trik Memotret Cityscape

Menjadikan lampu sebagai objek pada malam hari memang menarik. Ada beberapa teknik yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto lampu dengan efek yang bervariasi seperti efek starburst, light painting, light trail, dll. Teknik yang digunakan bisa berbeda tergantung dari efek lampu apa yang ingin anda dapatkan sebagai konsep sebuah foto.

Tripod Wajib Digunakan

Pada saat memotret sumber lampu yang bergerak dengan kecepatan tertentu seperti lampu mobil dijalanan, maka menggunakan tripod adalah pilihan yang paling aman untuk menghindari kabur terhadap hasil foto. Selain itu, jika memakai shutter speed dengan kecepatan yang lambat akan lebih gampang jika kamera diletakkan pada tripod ketimbang harus dipegang dengan tangan karena waktu yang lama untuk menunggu pengambilan gambar dapat membuat tangan menjadi tidak stabil.

Setting Kamera

Untuk pengambilan foto objek lampu saat malam hari, biasanya perlu menggunakan angka f yang besar dan set ISO yang rendah. Atur mode manual atau aperture priority. Perhatikan metering kamera karena objek lampu dapat membuat hasil foto terlalu terang (exposure), untuk itu gunakan exposure compensation. Angka exposure compensation yang dipakai dapat disesuaikan dengan lingkungan sekitar objek. Untuk percobaan cobalah under 1 stop terlebih dahulu, kemudian sesuaikan.

Gunakan Highlight Alert

P9270434

Highlight alert dapat membantu saat ingin mengambil objek yang terang, jadi manfaatkan highlight alert kamera anda. Apabila sudah siap, lakukan pemotretan secara berulang untuk mendapatkan hasil yang benar-benar bagus.

Tips dan Trik Memotret Fireworks

P9270444

Ada moment yang sayang jika dilewatkan saat memasuki awal tahun, yaitu perayaan tahun baru dengan menyalakan kembang api. Objek kembang api bisa jadi sangat menarik bagi para fotografer. Ingin mendapatkan hasil foto fireworks yang menakjubkan? Cobalah tips ini.

Pemilihan Lokasi

Setiap ingin mengambil foto dari sebuah objek, pemilihan lokasi menjadi hal pertama dan utama untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Untuk objek fireworks, banyak orang yang mengambil sudut pandang dari bawah padahal yang baik adalah dari posisi yang tinggi untuk mendapatkan garis yang sejajar antara lensa dengan objek. Pergerakan kembang api yang menuju ke atas, jika di ambil dari sudut pandang bawah akan membuat hasil foto kurang jelas.

Pilih Lensa

Pilihan lensa bisa anda sesuaikan dengan kamera yang dipakai dan luas cakupan foto. Apabila ingin mengambil angle yang cukup luas gunakan lensa wide, namun untuk angle yang sempit gunakan lensa tele.

Tripod Wajib Ada

Jika posisi anda berada pada area yang rawan guncangan maka tripod menjadi perlengkapan yang wajib anda gunakan, terlebih lagi objek yang diambil adalah sebuah benda yang bergerak sehingga jika keadaaan kamera bergoyang atau tidak stabil maka kemungkinan hasil foto menjadi kabur lebih besar. Oleh karena itu, gunakan tripod yang sesuai dengan kamera anda untuk membantu menahan getaran.

Atur Kamera

P9270556

Lakukan set file large untuk mendapatkan ukuran foto yang luas sehingga jika harus melakukan crop, hasil foto tetap bagus. Jika kamera anda memiliki fitur RAW, anda bisa menggunakannya.
Atur ISO rendah antara 100 atau 200 untuk membuat noise tetap terjaga
Gunakan manual fokus untuk memudahkan menangkap objek kembang api yang beredar secara acak dan bergerak cepat.
Apabila mengubah zoom lensa, jangan lupa untuk melakukan set fokus yang baru
Matikan flash kamera
Penggunaan setting eksposur sesuai kecepatan kembang api: normal= Aperture F/16  shutter 2 detik, ISO 1000 atau Aperture F/14  shutter 2 detik, ISO 2000. Untuk fireworks cepat= Aperture F/18  shutter 1.25 detik, ISO 1000. Ini hanyalah sebagi panduan, anda bisa mengubah settingan sesuai kondisi dan selera untuk menghasilkan foto yang bagus.

Potret Objek Sebanyak-banyaknya

Lakukan pemotretan sebanyaknya untuk memudahkan memilih foto terbaik diantara foto yang ada. Foto dengan berbagai keindahan cahaya kembang api yang berwarna-warni akan membuat hasil foto anda bervariasi.
Painting with light dimalam hari merupakan aktivitas favorite saya ketika hunting, karena saya tidak pernah berhenti untuk kagum dan terpesona dengan cahaya yang dihasilkan oleh kamera. Dengan momen yang tepat foto painting with light diwaktu malam menjadi foto yang megah dan colorfull. Jika anda ingin memotret yang indah dan megah, sering seringlah memotret dimalam hari dan buktikan dengan hasil karya yang menakjubkan indahnya.