INILAHCOM, Jakarta – Pasaran kamera mirrorless di Indonesia bertambah ramai dengan kehadiran Lumix DMC-GX85. Model terbaru yang diposisikan di bawah model flaghship GX8 yang hadir dengan mengedepankan kemampuan video 4K. Seperti apa?

“Di tahun 2016 ini, Panasonic memperkenalkan inovasi kamera DSLM DMC-GX85 terkini yang dilengkapi dengan teknologi foto 4K yang dapat menangkap gambar secara langsung dari rekaman video 4K beresolusi tinggi,” ujar Agung Ariefandi, Product Manager Audio dan Digital Imaging PT Panasonic Gobel Indonesia, di Jakarta, Selasa (31/05/2016).

Berbeda dari sang ‘kakak’ yang sudah dibekali sensor micro four-thirds 20 megapiksel terbaru, Lumix GX85 hanya datang dengan sensor 16 megapiksel seperti model-model mirrorless lawas dari Panasonic.

Meski demikian, Agung mengungkapkan foto tangkapan Lumix GX85 bakal lebih tajam dari para pendahulu. Ini karena Panasonic meniadakan komponen low-pass filter pada Lumix GX85.

Low-pass filter adalah komponen yang melapis sensor pada kamera digital. Fungsinya adalah meredam efek moire dengan sedikit ‘memburamkan’ gambar.

“Dengan meniadakan low-pass filter, kemampuan (Lumix GX85) merekam detail halus bakal meningkat lebih dari 10% dibandingkan sensor 16 megapiksel lain,” papar Agung.

Panasonicrilis

Lumix GX85 sendiri tampak seperti perpaduan dua model Lumix GX8 dan Lumix GX7. Di punggungnya terdapat layar sentuh 3 inci yang bisa ditekuk ke atas selebar 80 derajat dan ke bawah selebar 30 derajat.

Bagian jendela bidik (EVF) dicomot dari Lumix GX7, dengan resolusi 2,7 megapiksel dan aspect ratio 16:9. Berbeda dari Lumix GX8 dan Lumix GX7, EVF milik Lumix GX85 tak bisa ditekuk ke atas untuk pemotretan dari sudut rendah.

Fitur baru lain yang dibenamkan pada Lumix GX85 mencakup in-body image stabilizer 5-axis yang mampu bekerja secara tandem dengan image stabilizer di lensa, serta konektivitas Wi-Fi dan NFC untuk tersambung dengan perangkat mobile.

Panasonic turut menambah shutter tipe baru yang diklaim lebih senyap dan mampu meredam efek shutter shock. Kecepatan rana maksimalnya 1/4.000 detik dan 1/160 detik untuk sinkronisasi dengan flash.

Lumix GX85 rencananya bakal mulai dijual pada akhir Mei ini dengan banderol Rp11,5 juta, termasuk lensa kit 12-32mm f/3.5-5.6. [ikh]

– See more at: http://teknologi.inilah.com/read/detail/2299535/panasonic-rilis-kamera-lumix-gx85-di-indonesia#sthash.S35pqiXH.dpufm