Bagi kalian penggemar foto aksi panggung pasti pernah merasakan susahnya memotret panggung.Kesulitannya-pun bervariasi, mulai dengan cahaya yang minim dan berubah-ubah sampai objeknya yang sering bergerak-gerak.

continous-1

Satu hal yang harus kita pahami, memotret aksi panggung berbeda dengan memotret dengan cahaya yang ter-seting sesuai keinginan kita.Karena kepentingan utama aksi panggung adalah menghibur para penonton. Tidak semua pemotret memiliki reflek yang baik dalam menangkap momen, tetapi bukan berarti tidak bisa dipelajari.

Sebelumnya pemotret harus mengetahui setingan dasar kamera dalam memotret aksi panggung ketika aksi dilakukan di dalam ruangan dengan permainan tata cahaya lampu.

Mengingat setiap aksi panggung dalam rungan menggunakan cahaya minim dan berubah-ubah, Rata-rata setingan pada kamera berada di mode M (Manual). Hal ini membuat seorang pemotret dituntut untuk menentukan ISO, speed, dan diafragma berdasar kondisi cahaya dan aksi yang akan dihadapi.(Contoh: ISO 1600, speed 1/125, serta diafragma bukaan terbesar menyesuaikan dengan lensa yang dipakai).

Setelah seting dasar kamera kalian kuasai, pastikan shooting mode dalam posisi continues. Selebihnya hanya kesiapan dan pengaturan komposisi dalam menangkap momen yang akan bekerja.

Supaya hal diatas bekerja maksimal sebaiknya perhatikan faktor-faktor berikut:

continous-3

Pelajari aksi panggung artis bersangkutan:Jika artis yang akan kita foto adalah artis terkenal, ada baiknya jauh sebelum kita memotret kita pelajari aksi panggungnya via youtube. Hal ini membuat kita bisa menebak gerakan-gerakan yang biasa dilakukan oleh artis bersangkutan sehingga kita bisa bersiap-siap akan gerakan-gerakan menarik.

Carilah posisi memotret yang tidak didominasi oleh fotografer kebanyakan Ketika memotret aksi panggung hampir semua fotografer berkumpul pada tempat yang sama. Cobalah sekali-sekali mencari posisi yang berbeda dengan fotografer lainnya.Hal ini memungkinkan kalian mendapatkan view dan angle yang berbeda dari mereka.
Biarkan view finder kamera tetap standby didepan bidikan mata kalian Ketika memotret aksi panggung kita tidak akan tau persis gerakan-gerakan apa yang akan dilakukan oleh artis bersangkutan, Ada baiknya kamera tetap standby didepan mata kita untuk mengantisipasi momen-momen menarik.

Jangan ragu untuk mulai menjepret:

continous-2 Mulailah menjepret sebelum momen yang kita prediksi sebagai momen menarik datang, Karena dengan demikian dapat meminimalisasi kita dalam kehilangan momen.
Ingat, keberuntungan dalam memotret aksi panggung itu terjadi jika KESEMPATAN BERTEMU KESIAPAN.